"Daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas orisinil Indonesia," kata Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.
"Dengan semakin banyak orang mengenal internet, kita akan melihat lebih banyak konten, kreator, dan bisnis lokal bermunculan dari seluruh Indonesia, dan kami di Google berkomitmen untuk membantu mereka 'ditemukan', kapan saja, di mana saja," sambung dia.
Ada tiga hal utama yang tercermin melalui daftar Google Year in Search 2017.
1. Orang Indonesia terus mencari konten dalam negeri
Untuk pertama kalinya dalam sejarah Year in Search di Indonesia, lagu dan film karya anak bangsa menempati dua peringkat teratas daftar penelusuran terpopuler di Indonesia.
2. Ada peluang yang sangat besar bagi bakat dan karya anak bangsa untuk meraih sukses lewat internet
Lagu Surat Cinta untuk Starla pertama diluncurkan di YouTube, kemudian dipasarkan secara organik di media umum selama lima bulan sampai alhasil meraih popularitas skala nasional. Surat Cinta untuk Starla menempati peringkat teratas Year in Search 2017.
Demikian pula dengan film Pengabdi Setan, tak hanya penelusuran mendalam terhadap plot dan aksara film Pengabdi Setan, trailernya yang diunggah ke YouTube menjadi salah satu dari 10 video paling terkenal di YouTube tahun 2017.
3. Masyarakat Indonesia aktif memakai Google untuk menemukan peluang gres di ekonomi digital.
Sepuluh penelusuran terpopuler untuk kategori Cara Menjadi berisi profesi berbasis digital, menyerupai Cara menjadi Selebgram, Cara menjadi YouTuber, Cara menjadi reseller online shop, dan Cara menjadi distributor Bukalapak.
Rasa ingin tahu warganet yang tinggi terhadap tren makanan juga menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis. Jika dua tahun kemudian camilan elok cubit menjadi tren penelusuran Google, maka tahun ini ada ayam geprek.
references by inilah
images by neurogadget.net